GO UP

Benteng Van Der Wijck

Sidayu - Gombong

Sedulur Gong, sudah tahukah anda tentang destinasi wisata Benteng Van Wijck? Benteng Van Der Wijck merupakan benteng pertahanan militer peninggalan pemerintah Hindia – Belanda. Ceritanya, pada abad ke 19, pemerintah saat itu membangun sebuah benteng pertahanan di wilayah kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen. Dengan membangun sebuah benteng militer, pemerintah Hindia – Belanda berharap dapat meredam perlawanan pasukan kemerdekaan yang dipimpin oleh Pangeran Diponegoro pada waktu itu. Pemerintah menyebut strategi membangun benteng ini dengan sebutan Benteng Stelsel. Yaitu strategi dimana pemerintah membangun benteng di tempat yang sudah mereka kuasai.

Untuk ukuran nya, Benteng Van Der Wijck memiliki luas 3606 m2 dan tinggi 9,67 m. Sedangkan di dalam benteng memiliki 16 barak dengan ukuran masing-masing 7,5 m x 11 m.

Saat ini, Komplek Benteng Van Der Wijck telah mengalami alih fungsi. Pemerintah menetapakan komplek benteng sebagai destinasi wisata, sekolah Calon Tamtama, dan Barak TNI Angkatan Darat. Dalam memenuhi peran benteng sebagai destinasi wisata, pihak pengelola telah membangun berbagai sarana dan prasarana. Para pengunjung dapat menikmati wahana-wahana ramah keluarga di komplek wisata seperti perahu angsa, kereta atas benteng, kolam renang, taman dan lainnya.

Lokasi:

Bagi anda yang ingin berkunjung ke benteng yang satu ini, aksesnya sangat mudah. Dari Pasar Wonokriyo-Gombong menuju arah timur melalui Jl. Yos Soedarso sekitar 500 meter. Setelah itu, belok kiri ke Jl Benteng dan ikuti jalan sekitar 300 meter. Anda akan melihat penunjuk jalan menuju pintu masuk area wisata Benteng Van Der Wijck.

Untuk rute yang lain, anda dapat memanfaatkan fitur navigasi google Maps.

 

 

 

You don't have permission to register