GO UP
Image Alt

Pantai Menganti

Karangduwur - Ayah

[ngg src=”galleries” ids=”2″ display=”basic_thumbnail”] 

Halo sedulur Gong, bagaimana kabar anda hari ini? Semoga baik-baik saja yah. Kalaupun sedang galau, anda bisa menyalakan radio dan setel 97.3 FM Gong Radio Gombong, dijamin galaunya hilang deh hehe. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai satu destinasi wisata yang layak anda jadikan tempat menghabiskan akhir pekan.

Mencari tempat spesial untuk menghabiskan akhir pekan terkadang bisa membuat pusing. Walaupun ada banyak tempat, namun terkadang kita sendiri bingung karena kebutuhan akhir pekan masing-masing orang berbeda. Ada yang memilih menghabiskan akhir pekannya dengan berbelanja, bersantai, berolah raga, rekreasi di tempat wisata dan banyak lagi ragam kegiatan di akhir pekan. Nah, jika anda ingin menghabiskan akhir pekan dengan berekreasi, ada satu tempat yang layak untuk di pertimbangkan.

Pantai Menganti. Pantai ini sebenarnya sudah lama dikenal oleh masyarakat kebumen. Sejak pantai menganti di buka untuk wisata, tempat ini bagai magnet yang menarik setiap orang untuk penasaran dan berkunjung kesini. Banyak juga orang yang jatuh cinta dan menjadikan pantai ini sebagai destinasi favorit yang dikunjungi berulang kali.

Nah, sebenarnya apa sih yang membuat banyak orang jatuh cinta pada Pantai Menganti? Disini saya akan coba menceritakan pengalaman saya saat berlibur di pantai ini. Kesan pertama yang saya dapat saat memasuki pantai menganti adalah sebuah pantai nelayan yang terdapat banyak kapal kecil nelayan di pantainya.

Saat itu hari sudah sore dan matahari akan segera bersarang di arah barat. Otomatis dong, karena pantai ini menghadap ke barat, didukung dengan cuaca yang cerah, pemandangan matahari terbenam pun terlihat sangat indah. Pengalaman pertama tersebut membuat saya jatuh cinta dengan pantai ini. Namun karena saya datang di sore hari, kesempatan untuk mengeksplor pantai ini pun terbatas. Akhirnya saya putuskan untuk datang lagi kesini besok pagi nya.

Hari itu saya menginap di tempat salah satu teman saya yang tidak jauh dari lokasi pantai. Malam harinya dia bercerita bahwa di sebelah timur pantai menganti terdapat daerah perbukitan yang masih masuk kedalam komplek wisata. Yang menarik di sini adalah terdapat spot dimana kita bisa melihat matahari terbit dengan jelas. Dan ketertarikan saya pun muncul. Akhirnya malam itu kami putuskan untuk pergi pada pukul 5 pagi selepas solat subuh.

Benar saja, sampai di sana kami disuguhi pemandangan matahari terbit yang spektakuler. Sangat jarang saya temukan sebuah pantai dimana kita bisa menikmati ke dua pemandangan sunset dan sunrise dari satu lokasi pantai. Keunikan pantai menganti ini saya rasa ada pada letak geografinya. Memiliki pantai berpasir yang menghadap ke barat, dan pantai berbukit yang menghadap ke timur menjadikan pantai menganti sangat cocok untuk menghabiskan sepanjang hari di sini. Wajar sih kalau setiap libur lebaran hampir sepanjang hari pantai menganti sangat ramai pengunjung. Bahkan warga dari kabupaten sekitar seperti Cilacap, Banjarnegara, dan Banyumas mudah ditemui di lokasi pantai ini.

Bagi anda yang ingin menghabiskan akhir pekan dari pagi hingga sore hari pun tidak perlu khawatir. Karena di area pihak pengelola telah menyediakan fasilitas yang lengkap. Ada musholah, toilet, warung – warung, semua tersedia di sini. Selain itu, ada beberapa wahana yang bisa kita nikmati seperti sepeda gantung, balon udara dan lain sebagainya.

Penasaran dong dengan pantai yang satu ini? Nah bagi yang ingin berkunjung ke sini, bisa datang ke Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Aksesnya dari Pantai ayah ke timur atau dari Pantai Karangbolong Ke barat.

Kehidupan warganya pun terasa baru bagi saya yang bukan warga pesisir. Kehidupan desa nelayan sangat terasa di tempat ini. Pada awalnya pantai menganti memang difungsikan sebagai tempat pelelangan ikan oleh warga setempat sebelum dibuka sebagai objek wisata. Namun demikian, warga sekitar masih tetap mempertahankan identitas pantai menganti sebagai pusat kegiatan ekonomi perikanan Desa Karangduwur.

Lokasi:

 

 

 

 

You don't have permission to register